Cara Merawat Kulit Wajah Cantik Alami

Jenis-jenis Kulit Wajah

(Carakulitwajah). Meskipun struktur kulit wajah setiap manusia sama, tetapi sifat-sifat karakteristik kulit wajah seseorang dapat sangat berbeda dengan orang lainnya. Dengan mempelajari berbagai faktor yang ikut mempengaruhi terbentuknya sifat-sifat kulit wajah tersebut, seperti faktor, lingkungan hidup, aktivitas sosial, usia. jenis kelamin, faktor keturunan, pola makan, jenis pekerjaan. bekerjanya hormon. kandungan air dalam kulit, aktivitas kelenjar palit dan kelenjar kering, sekresi sebum dari kulit, waktu tidur. waktu santai, kemampuan menghadapi stres dalam kehidupan sehari-hari. Para ahli berhasil menggolongkan jenis-jenis kulit wajah ke dalam lima tipe atau lima jenis kulit, dengan sifat kekhasan masing-masing.

Jenis-jenis Kulit Wajah
Ilustrasi
Berikut ini jenis-jenis kulit wajah pada seseorang:

Kulit Wajah Normal

Tekstur kulit halus, kencang. dan kenyal. Tidak pucat, tidak mengilat dan tidak kusam. Tidak terdapat atau sedikit sekali terdapat noda-noda pigmentasi. Kalau ada pun, hanya samar-samar, permukaan kulit berwarna merah muda, halus dan bersih; tidak tampak pori-pori kulit yang membesar. Ciri khas kulit wajah yang demikian ini, ditimbulkan oleh metabolisme sel-sel kulit yang baik, pola makan dengan diet seimbang. perawatan kebersihan. dan pemupukan kulit yang terjaga baik.

Kulit Wajah Kering

Ciri-ciri kulit wajah kering adalah permukaan kulit kasar. tipis. dan terasa tegang. Cenderung bersisik. terutama di daerah alis. Sering terasa gatal. cenderung timbul keriput-keriput halus sebelum waktunya. Elastisitas kulit kurang dan sering bersifat sensitif. Sifat ini terbentuk akibat kurangnya sekresi kelenjar minyak dan sekresi kelenjar keringat. Dapat juga terjadi oleh penggunaan sabun berdeterjen tinggi maupun kosmetik berkadar alkohol tinggi, sering terkena sorotan sinar matahari langsung, memiliki kebiasaan merokok. sering berada dalam ruangan ber-AC atau ber-heater secara terus-menerus dalam waktu lama. kekurangan vitamin C, dan kurang banyak minum air dalam dietnya.

Kulit Wajah berminyak

Pori-pori kulit pada jenis kulit wajah berminyak tampak terbuka, permukaan kulit tebal. berminyak, dan mengilat.Warna kulit pucat kekuning-kuningan, kusam, dan kotor. Cenderung berkomedo dan berjerawat. Pori-pori kulit tampak terbuka. Permukaan kulit tebal. berminyak, dan mengilat.Warna kulit pucat kekuning-kuningan, kusam, dan kotor. Cenderung berkomedo dan berjerawat, sifat ini disebabkan oleh kelenjar palit yang terlalu aktif, sehingga sekresi minyak berlebihan. Juga dapat disebabkan karena metabolisme sel kurang baik. terlalu banyak makan lemak dan minyak kurang memperhatikan perawatan dan kebersihan kulit.

Kulit Wajah Kombinasi

Kulit wajah kombinasi memiliki sifat kulit normal condong ke kering atau kulit kering condong Keadaan ini disebabkan karena kelenjar palit. terutama yang berada di daerah T terlalu aktif. Jenis kulit wajah kombinasi cukup banyak dijumpai. Sekitar 40% wanita memiliki tipe kulit kombinasi.

Kulit Wajah Sensitif

Permukaan kulit wajah lebih transparan dan pembuluh darah kulit nampak samar-samar melebihi jenis kulit normal. Mudah timbul reaksi alergi terhadap benda asing atau kosmetika yang pemakaiannya oleh orang lain tidak menimbulkan reaksi apa pun. Jika terkena goresan sedikit sudah menimbulkan bekas merah. Jenis kulit wajah kering cenderung berubah menjadi jenis kulit wajah sensitif.

Sekian uraian tentang Jenis-jenis Kulit Wajah, semoga bermanfaat. 

Jenis-jenis Kulit Wajah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nur afdan

0 komentar:

Post a Comment