Cara Merawat Kulit Wajah Cantik Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

(Carakulitwajah). Bagaimana caranya menghilangkan flek hitam di wajah? Sebelum menghilangkan flek hitam di wajah, ada baiknya kita mengenal dulu penyebab flek hitam tersebut. Banyak faktor penyebab flek hitam di wajah, antara lain, faktor hormonal (hamil, kontrasepsi hormonal), kosmetika dengan pewarna dan pewangi (pemerah pipi), sinar matahari, dll. Untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang timbul akibat sinar matahari, bisa dicoba dengan pencerah warna kulit wajah yang diizinkan dan beredar di pasaran. Misalnya yang mengandung bengkuang, akar manis (liconce), mulbery, BHA (beta hidroxy acid), HA (alfa hidroxy acid), asam kojik, dll.

Flek Hitam di Wajah
Ilustrasi
Kalau tidak berhasil, cara selanjutnya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kulit, biasanya akan diberikan zat pemutih hidrokinon 4-5% yang dipakai malam hari dengan pengawasan dokter. Dengan pengobatan tersebut flek hitam di wajah akan memudar dalam waktu 3-6 bulan atau lebih, tidak bisa secepat sulap! Yang paling penting untuk menghindari dan mencegah munculnya flek, sebaiknya hindari sinar matahari secara langsung antara jam 9 pagi sampai jam 16.00 sore. Caranya bisa dengan memakai payung, topi dengan daun lebar (minimal 15 cm), dan mengoleskan krim atau lotion pelindung matahari/tabir surya/sunscreen/sunblock ke seluruh wajah. Tabir surya yang dianjurkan untuk orang Indonesia yang mengandung SPF (sun protecting factor) 15 atau lebih.

SPF 15 artinya bila memakai krim tersebut diharapkan kulit wajah tahan 15 kali lebih lama untuk tidak terbakar matahari dibandingkan dengan kulit wajah yang tidak memakai tabir surya. Kulit wajah orang Indonesia rata-rata terbakar matahari dalam 20 menit, maka dengan memakai SPF 15 kulit wajah terlindung dan sinar matahari selama sekitar 300 menit. Atau bisa juga dikatakan, dengan memakal SPF 15 maka sinar matahari yang masuk ke kulit wajah hanya 1/15-nya. Kalau terkena air atau banyak berkeringat, sebaiknya pemakaian tabir surya diulang tiap dua jam.

Sekian uraian tentang Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah. Baca juga artikel lainnya tentang Cara Membersihkan Wajah dengan Benar, semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan

3 komentar:

  1. benar sekali flek hitam mucul karena kotoran di wajah yang disebabkan oleh bakteri, memberikan solusi sekali artikelnya cara menghilangkan flek hitam.
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  2. Bagus tipsnya, semoga dengan mengikuti tips di atas manjur dengan sempurna, terima kasih sudah berbagi. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  3. Kulit sangat mudah terserang penyakit, salah satunya jerawat sering dan masalah wajah lainnya sering terkena pada kulit kita. Tapi dengan membaca artikel di atas tentunya menjadi lebih mudah cara mengatasi jerawat. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete